Bayi Matahari Embrio Bintang Matahari Baru

Bayi Matahari, Sebuah fenomena ataukah nyata kalo embrio baru matahari muncul sebagai calon bintang baru. Berita mengenai bayi matahari cukup menghebohkan kalangan peneliti apalagi kita kaum awam ini :). Kayak saya sendiri masih awam mengenai antariksa. Teleskop aja belum pernah megang ;)). Berita mengenai embrio bintang baru ini berasal dari hasil tangkapan Teleskop Herschel. Bintang baru ini berada di dalam tata surya kita, bisa saja bayi matahari ini adalah calon matahari baru kelak mendatang.

Menurut info detektor inframerah yang di miliki oleh Teleskop Herschel mampu menangkap materi suhu rendah yang bisa melahirkan bintang, RCW 120 atau citra gelembung gas disinyalir dapat membantu untuk menjelaskan bagaimana proses sebuah bintang raksasa terbentuk. Dengan teknologi ini, kemunculan embrio bintang baru bisa di deteksi lebih dini.


Embrio bintang baru dalam citra teleskop tersebut tampak seperti sebuah gumpalan putih di tepi bawah gelembung. Embrio itu diperkirakan bisa tumbuh menjadi salah satu bintang terbesar dan yang paling cerah di galaksi dalam ratusan ribu tahun mendatang.

Embrio bintang baru tersebut sudah memiliki massa sekitar delapan hingga sepuluh kali lebih besar dibanding massa Matahari, dan dikelilingi begitu banyak material.

Bila lebih banyak gas dan debu berjatuhan di bintang tersebut, objek itu berpotensi menjadi salah satu objek raksasa dalam Galaksi Bima Sakti, dan akan berpengaruh bagi lingkungan sekitarnya.

Berikut ini gambar bayi matahari yang ditangkap oleh Teleskop Herschel.



Tidak ada yang istimewa jika kita lihat secara seksama, hanya berupa gumpalan putih. Tapi yang namnya bayi pasti butuh waktu untuk menjadi dewasa, bukan kayak manusia umur 20 tahun saja bisa dianggap dewasa. Beda dengan bayi matahari ini, bisa butuh waktu ratusan ribu tahun untuk menjadi bintang baru. Diprediksi embrio ini bakal jadi bintang yang sangat cerah sekali, namun pendapat ini belum tentu benar.

Kalo tidak lihat sendiri nggak afdol rasanya. Makanya pendapat mengenai bayi matahari ini cukup buat informasi saja, karena saya nggak tahu berapa tahun lagi bisa hidup di dunia ini :D

2 komentar:

muhammad afif mengatakan...

waw...
bagaimana peredaran calon anak matahari ya
apakah ditata surya ia mengorbit seperti planet atau matahari

Jen Bagoes mengatakan...

Klu diliat it gambr asli kyaknya,bkan rekayasa..

Posting Komentar

Langganan Artikel

Dapatkan update terbaru dari blog ini, gratis..!

atau Berlangganan artikel via FEED Reader

Artikel Terbaru

Pengikut